Fasilitasi Adat dan Tradisi, Siraman Manten Putri

hanifah 25 September 2023 08:08:31 WIB

Trimulyo ─ (24/09/2023) Kalurahan Trimulyo menggelar acara siraman manten putri sebagai salah satu kegiatan yang merupakan program dinas kebudayaan, yaitu fasilitasi adat dan tradisi. Kegiatan ini masuk dalam sub kegiatan pembinaan dan pengembangan rintisan desa dan kantong budaya. Kebudayaan Desa merupakan jantung dari kebudayaan nasional. Untuk itu, program dan nilai - nilai kebudayaan yang berakar dari desa dan diwariskan secara turun – temurun dari generasi pendahulu ke generasi penerus harus terus dilestarikan.

Adat Jawa yang diusung Kalurahan Trimulyo adalah upacara siraman yang biasa dilakukan sebagai proses memandikan atau mengguyur calon pengantin sebelum prosesi ijab kabul dilaksanakan. Tujuan siraman sendiri adalah memohon berkah dan rahmat Allah agar kedua mempelai dibersihakan dari segala keburukan. Prosesi yang dilaksanakan sebelum siraman adalah sungkeman. Calon pengantin wanita terlebih dahulu meminta restu kedua orang tua dengan sungkeman, kemudian dilanjutkan acara siraman.
Dalam adat siraman ini, air untuk siraman dicampurkan dengan bunga setaman yang bermacam-macam dan harum. Air yang digunakan merupakan campuran air dari 7 sumber mata air yang dituang dalam maron/wadah air. Bunga yang harum ini memberi makna calon pengantin akan mengharumkan nama keluarga, bangsa, dan negara. Sedangkan campuran tujuh mata air melambangkan pertolongan. Tujuh yang berarti pitu atau pitulungan.

Komentar atas Fasilitasi Adat dan Tradisi, Siraman Manten Putri

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG DESA TRIMULYO

1 Drs. H. Jauzan Sanusi, MA. (Lurah). 2 Arif Muhammad Fauzi (Carik). 3 Ihsan Khumaidi, S.Pd. (Jagabaya). 4 Wikan Werdo Kisworo (Uu-ulu). 5 Santosa, A.Md. (Kamituwa). 6 Rianingsih, A.Md. (Danarta). 7 Fadhilah Najibah, S.Pd. (Tata Laksana). 8 Anang Sulistyo (Pangripta). 9 Mashudi Abdillah (Dukuh Blawong I). 10 Heru Budi Santoso (Dukuh Blawong II). 11 Nur Musyafi'i Abror (Dukuh Bembem). 12 Hermawan (Dukuh Kembangsongo). 13 Widodo, S.Ag (Dukuh Cembing). 14 Muji Widodo, A.Md (Dukuh Sindet). 15 Aris Suwondo, S.P. (Dukuh Bulu). 16 Jumakir (Dukuh Karangsemut). 17 Drs. Suryanta (Dukuh Puton). 18 Drs. H. Sarmidi, M.Si. (Dukuh Denokan). 19 Toyib Apriyatman (Dukuh Ponggok I). 20 Fajar Gunadi, S.Pd. (Dukuh Ponggok II). 21 Sugeng (Staf). 22 Giyem (Staf). 23 Titik Suharni (Staf). 24 Sungatifah (Staf). 25 Idaningsih (Staf). 26 Asri (Staf). 27 Mujiharjo, S.TP. (Staf). 28 Usnawatun Khasanah, S.TP. (Staf). 29 Latifah Uswatun Khasanah, S.E. (Staf). 30 Hanifah Al Uswah, S.T. (Staf). 31 Ita Fuida Pangesti, S.Pd. (Staf). 32 Rusli Hidayat (Staf). 33 Marwan Subekti (Staf). 34 Erwin Purnomo, S.Pd. (Staf).

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License