Profil Potensi Desa

Administrator 30 April 2014 17:23:24 WIB

POTENSI SUMBER DAYA ALAM KALURAHAN TRIMULYO

 Kalurahan Trimulyo memiliki banyak potensi baik sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya pembangunan, sumber daya sosial budaya maupun kelembagaan / organisasi. Sampai saat ini potensi sumber daya yang ada belum benar-benar diberdayakan secara maksimal. Pendirian BUMKal dan lembaga-lembaga Kalurahan diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya. Potensi yang dimiliki Kalurahan Trimulyo salah satunya :

Sumber Daya Alam

Secara alami, Kalurahan Trimulyo memiliki berbagai macam sumber daya alam yang potensial untuk dikembangkan, kegiatan di bidang pertanian merupakan pengelolaan sumberdaya alam yang dilakukan oleh sebagian besar penduduk. Optimalisasi pengelolaan lahan dan tegalan oleh Gapoktan ataupun Poktan, KWT dan juga RPT dapat meningkatkan hasil panen bagi petani di Kalurahan Trimulyo. Terdapat kegiatan di bidang peternakan dan perikanan di beberapa padukuhan dan menjadi penunjang perekonomian warga. Data sumber daya alam Kalurahan Trimulyo sampai saat ini dapat dilihat dalam tabel 3.1 berikut:

 

Tabel. Sumber Daya Alam Kalurahan Trimulyo

No

Jenis Sumberdaya Alam

Volume

Satuan

1

Lahan Pekarangan

195,00

Ha

2

Lahan Persawahan

98,87

Ha

3

Lahan Tegal/Ladang

65,00

Ha

4

Lahan Permukiman

171,00

Ha

5

Tanah Perkantoran Pemerintahan

1,20

Ha

6

Sungai

5.276

M

7

Perbukitan

163

Ha

8

Camping ground

2.2

Ha

9

Komoditas perkebunan

 

 

a.   Tebu

6,00

Ha

10

Komoditas pertanian

 

 

a.   Jagung

24,00

Ha

b.   Bawang merah

0,50

Ha

c.    Kacang kedelai

4,00

Ha

d.   Kacang tanah

18,00

Ha

e.    Kacang Panjang

2,00

Ha

f.     Padi sawah

247,00

Ha

g.   Ubi kayu

4,00

Ha

h.   Cabe

2,00

Ha

11

Komoditas kehutanan

 

 

a.   Kayu

45,00

batang

b.   Bambu

124,00

rumpun

c.    Jati

45,00

batang

d.   Mahoni

64,00

batang

12

Komoditas peternakan

 

 

a.   Sapi

467

Ekor

b.   Bebek

1238

Ekor

c.    Ayam Kampung

5819

Ekor

d.   Ayam Broiler

8400

Ekor

e.    Kambing

181

Ekor

f.     Domba

296

Ekor

g.   Kelinci

47

Ekor

h.   Kambing

2,00

Ekor

Sumber: Data Pemerintah Kalurahan Trimulyo

        Mengalirnya Sungai Opak yang melintasi wilayah Kalurahan Trimulyo merupakan sumber daya alam yang potensial. Keberadaan Sungai Opak selain sebagai sumber air wilayah untuk suplay air tanah, Daerah Aliran Sungainya juga asri sehingga merupakan peluang untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata air.  Terdapat Taman Pelangi, Watu Ngelak dan Pantai Pakde (Papan Santai Opak Code), yang berada di 3 padukuhan, warga setempat mengelola menjadi destinasi wisata keluarga. Tidak dipungkiri ternyata menarik minat warga sekitar Kalurahan Trimulyo maupun dari berbagai wilayah di Kabupaten Bantul. Karena beberapa kelebihan yang dimiliki, antara lain lokasi yang mudah dijangkau dan tarif yang relatif murah karena dikelola oleh kelompok masyarakat setempat. Pembinaan pengelolaan yang lebih optimal akan berdampak pada menggeliatnya kegiatan ekonomi warga setempat.

 

         

   

(a)  Taman Pelangi

(b)  Watu Ngelak

 

(c)  Pantai Pakde (Papan Santai Opak Code)

 

Kalurahan Trimulyo juga memiliki objek wisata alam, tersebutlah Bukit Permoni dan Sesar Opak Bukit Mengger. Bukit Permoni merupakan obyek wisata yang secara administratif terletak di wilayah Padukuhan Blawong I, memiliki luas sekitar 5 hektar. Dari sejarah Kerajaan Mataram yang saat itu diperintah oleh Sultan Agung, diidentifikasi terdapat beberapa situs atau petilasan yang memperkuat sejarah tersebut antara lain Watu Panah, Tapak Kuda Sembrani, Banyu Tetes, Watu Damar, Gua Permoni, Watu Payung, Watu Amben, Cungkup dan Watu Tumpeng. Dengan pengelolaan yang lebih optimal Bukit Permoni diprediksi dapat menjadi salah satu destinasi wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi.

 

   
  1. Gerbang Bukit Permoni
  1. Goa Permoni

 

Tidak kalah menariknya, di Selatan Bukit Permoni terdapat Sesar Opak Bukit Mengger, yang secara administratif terletak diantara Padukuhan Blawong II dan Kembangsongo. Sesar Opak Bukit Mengger atau SOBM ini merupakan situs Geoheritage, salah satu warisan geologi yang telah ditetapkan oleh Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Nomor 13.K/HK.01/MEM.G/2021. SOBM memenuhi kriteria untuk dilindungi, dilestarikan dan dimanfaatkan sebagai objek penelitian, Pendidikan Kebumian dan Geowisata, merupakan satu-satunya sesar yang ditemukan di Yogyakarta. Pemerintah Kalurahan Trimulyo terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Bappeda Kab.Bantul untuk pengembangan lebih lanjut. Sebelum ditetapkan sebagai Geoheritage, dulu wilayah SOBM ini digunakan untuk penambangan batu putih oleh warga sekitar. Rencana pengembangan SOBM diharapkan dapat membuat warga disekitar lebih inovatif dan produktif menangkap peluang tersebut.

 

   
  1. Patahan Sesar
  1. Bekas Penambangan

 

PAMONG DESA TRIMULYO

1 Drs. H. Jauzan Sanusi, MA. (Lurah). 2 Arif Muhammad Fauzi (Carik). 3 Ihsan Khumaidi, S.Pd. (Jagabaya). 4 Wikan Werdo Kisworo (Uu-ulu). 5 Santosa, A.Md. (Kamituwa). 6 Rianingsih, A.Md. (Danarta). 7 Fadhilah Najibah, S.Pd. (Tata Laksana). 8 Anang Sulistyo (Pangripta). 9 Mashudi Abdillah (Dukuh Blawong I). 10 Heru Budi Santoso (Dukuh Blawong II). 11 Nur Musyafi'i Abror (Dukuh Bembem). 12 Hermawan (Dukuh Kembangsongo). 13 Widodo, S.Ag (Dukuh Cembing). 14 Muji Widodo, A.Md (Dukuh Sindet). 15 Aris Suwondo, S.P. (Dukuh Bulu). 16 Jumakir (Dukuh Karangsemut). 17 Drs. Suryanta (Dukuh Puton). 18 Drs. H. Sarmidi, M.Si. (Dukuh Denokan). 19 Toyib Apriyatman (Dukuh Ponggok I). 20 Fajar Gunadi, S.Pd. (Dukuh Ponggok II). 21 Sugeng (Staf). 22 Giyem (Staf). 23 Titik Suharni (Staf). 24 Sungatifah (Staf). 25 Idaningsih (Staf). 26 Asri (Staf). 27 Mujiharjo, S.TP. (Staf). 28 Usnawatun Khasanah, S.TP. (Staf). 29 Latifah Uswatun Khasanah, S.E. (Staf). 30 Hanifah Al Uswah, S.T. (Staf). 31 Ita Fuida Pangesti, S.Pd. (Staf). 32 Rusli Hidayat (Staf). 33 Marwan Subekti (Staf). 34 Erwin Purnomo, S.Pd. (Staf).

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License