Pelatihan Pengisian Penilaian Ketangguhan Desa

hanifah 23 November 2023 14:06:32 WIB

Trimulyo ─ 23 November 2023. Dalam rangka mengetahui tingkat ketangguhan seluruh kalurahan di Kabupaten Bantul dalam hal kebencanaan dan mengidentifikasi permasalahan terkait penanggulangan bencana di Kalurahan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul menyelenggarakan Penilaian Ketangguhan Desa (PKD) dalam rangka Pembinaan dan Pengawasan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bantul Tahun 2023. 

Acara dilaksanakan di Waroeng Omah Sawah, Timbulharjo, Sewon dengan narasumber dari Pujiono Center. Organisasi pengetahuan nirlaba yang didirikan oleh para praktisi manajemen bencana di Indonesia sebagai modalitas baru, pengaturan kelembagaan, dan platform untuk memperoleh, berbagi, dan menyebarkan pengetahuan tentang bencana dan perubahan iklim untuk mendukung pembuatan kebijakan berbasis bukti dalam manajemen bencana. dan adaptasi perubahan iklim.

Pada sosialisasi ini, peserta dilatih dan dipandu untuk mengisi indikator penilaian ketangguhan desa/kalurahan 

Tujuan dilaksanakan pelatihan ini adalah supaya adanya pendidikan dan penyadaran risiko bencana pada masyarakat dan semua pihak, menyediakan data dasar ketangguhan bencana di unit pemerintahan, dan mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana di daerah. Bagi kawasan rawan bencana juga diharapkan nantinya dapat memahami tingkat ketangguhan bencana dan upaya peningkatannya. 

Ada 5 komponen pengisian, dengan 128 pertanyaan terkait penilaian ini. Komponen tersebut antara lain layanan dasar, peraturan dan kebijakan penanggulangan bencana, pencegahan dan mitigasi, kesiapsiagaan darurat dan kesiapsiagaab pemulihan. 

Semoga dengan adanya penilaian ketangguhan desa/kalurahan ini, pemerintah nantinya bisa memiliki data dasar dalam menyusum rencana pembangunan. 

#kalurahantrimulyo

#kapanewonjetis

#kabupatenbantul

Komentar atas Pelatihan Pengisian Penilaian Ketangguhan Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG DESA TRIMULYO

1 Drs. H. Jauzan Sanusi, MA. (Lurah). 2 Arif Muhammad Fauzi (Carik). 3 Ihsan Khumaidi, S.Pd. (Jagabaya). 4 Wikan Werdo Kisworo (Uu-ulu). 5 Santosa, A.Md. (Kamituwa). 6 Rianingsih, A.Md. (Danarta). 7 Fadhilah Najibah, S.Pd. (Tata Laksana). 8 Anang Sulistyo (Pangripta). 9 Mashudi Abdillah (Dukuh Blawong I). 10 Heru Budi Santoso (Dukuh Blawong II). 11 Nur Musyafi'i Abror (Dukuh Bembem). 12 Hermawan (Dukuh Kembangsongo). 13 Widodo, S.Ag (Dukuh Cembing). 14 Muji Widodo, A.Md (Dukuh Sindet). 15 Aris Suwondo, S.P. (Dukuh Bulu). 16 Jumakir (Dukuh Karangsemut). 17 Drs. Suryanta (Dukuh Puton). 18 Drs. H. Sarmidi, M.Si. (Dukuh Denokan). 19 Toyib Apriyatman (Dukuh Ponggok I). 20 Fajar Gunadi, S.Pd. (Dukuh Ponggok II). 21 Sugeng (Staf). 22 Giyem (Staf). 23 Titik Suharni (Staf). 24 Sungatifah (Staf). 25 Idaningsih (Staf). 26 Asri (Staf). 27 Mujiharjo, S.TP. (Staf). 28 Usnawatun Khasanah, S.TP. (Staf). 29 Latifah Uswatun Khasanah, S.E. (Staf). 30 Hanifah Al Uswah, S.T. (Staf). 31 Ita Fuida Pangesti, S.Pd. (Staf). 32 Rusli Hidayat (Staf). 33 Marwan Subekti (Staf). 34 Erwin Purnomo, S.Pd. (Staf).

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License