PKBM Sapulidi Trimulyo dalam Berita Klikjogja

hanifah 05 Desember 2023 13:29:26 WIB

Bagi masyarakat yang putus sekolah namun ingin memiliki ijazah setara SD, SMP dan SMA ada solusi yang bisa dijalani agar bisa memiliki ijazah yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Solusi yang diberikan pemerintah adalah melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang bisa diikuti oleh siapa saja yang putus sekolah 

PKBM Sapulidi yang berdiri sejak tahun 2004 adalah salah satu lembaga yang bisa menjembatani kebutuhan ijazah bagi para lulusan SD dan SMP agar bisa mendapatkan ijazah dengan jenjang lebih tinggi.

Beroperasi di komplek Kalurahan Trimulyo, Kabupaten, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta PKBM ini sudah meluluskan ratusan alumni yang kemudian bisa melanjutkan sekolah atau kuliah dan bahkan sudah bisa bekerja sebagai PNS, Anggota TNI atau Polri dengan menggunakan ijazah dari PKBM.

PKBM Sapulidi menyelenggarakan pendidikan dengan level SD (Paket A), SMP (Paket B) dan SMA (Paket C) yang bisa diikuti oleh masyarakat semua usia. 

Sungatifah selaku Konseling PKBM Sapulidi menjelaskan bahwa pada saat ini PKMB Sapulidi mendidik siswa-siswi dari berbagai usia, mulai dari anak usia 8 tahun hingga dewasa usia 50 tahun.

"Kegiatan pembelajaran dilakukan setiap hari rabu, jum'at dan Ahad dengan durasi tiap pertemuan 1.5 jam", ungkap pekerja sosial yang akrab dipanggil mbak Tifa ini.

Kepada Pewarta ia menjelaskan bahwa siswa-siswi PKBM Sapulidi rata-rata mereka yang putus sekolah dengan berbagai masalah seperti faktor ekonomi hingga korban bulying saat di sekolah umum.

Untuk bisa menjadi siswa di PKBM Sapulidi pimpinan H.Mujono, BA ini calon siswa harus menyerahkan foto copy ijazah terakhir atau raport terakhir. Juga KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

Bagi warga wilayah Trimulyo dan peserta PKH, seluruhnya tercover oleh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sehingga tidak membutuhkan biaya untuk mengikuti sekolah ini. 

Pendaftaran siswa-siswi PKBM Sapulidi bisa dilakukan sewaktu-waktu dengan datang ke Balai Kalurahan Trimulyo di Jl.Imogiri Timur, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada jam kerja. (Ariyo)

 

Sumber : https://www.klikjogja.online/2023/12/klikjogja-kabupaten-bantul-bagi.html

Komentar atas PKBM Sapulidi Trimulyo dalam Berita Klikjogja

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG DESA TRIMULYO

1 Drs. H. Jauzan Sanusi, MA. (Lurah). 2 Arif Muhammad Fauzi (Carik). 3 Ihsan Khumaidi, S.Pd. (Jagabaya). 4 Wikan Werdo Kisworo (Uu-ulu). 5 Santosa, A.Md. (Kamituwa). 6 Rianingsih, A.Md. (Danarta). 7 Fadhilah Najibah, S.Pd. (Tata Laksana). 8 Anang Sulistyo (Pangripta). 9 Mashudi Abdillah (Dukuh Blawong I). 10 Heru Budi Santoso (Dukuh Blawong II). 11 Nur Musyafi'i Abror (Dukuh Bembem). 12 Hermawan (Dukuh Kembangsongo). 13 Widodo, S.Ag (Dukuh Cembing). 14 Muji Widodo, A.Md (Dukuh Sindet). 15 Aris Suwondo, S.P. (Dukuh Bulu). 16 Jumakir (Dukuh Karangsemut). 17 Drs. Suryanta (Dukuh Puton). 18 Drs. H. Sarmidi, M.Si. (Dukuh Denokan). 19 Toyib Apriyatman (Dukuh Ponggok I). 20 Fajar Gunadi, S.Pd. (Dukuh Ponggok II). 21 Sugeng (Staf). 22 Giyem (Staf). 23 Titik Suharni (Staf). 24 Sungatifah (Staf). 25 Idaningsih (Staf). 26 Asri (Staf). 27 Mujiharjo, S.TP. (Staf). 28 Usnawatun Khasanah, S.TP. (Staf). 29 Latifah Uswatun Khasanah, S.E. (Staf). 30 Hanifah Al Uswah, S.T. (Staf). 31 Ita Fuida Pangesti, S.Pd. (Staf). 32 Rusli Hidayat (Staf). 33 Marwan Subekti (Staf). 34 Erwin Purnomo, S.Pd. (Staf).

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License