Kegiatan Rakor Pokja III se Kabupaten Bantul

hanifah 29 Januari 2024 11:32:19 WIB

Trimulyo – 26 Januari 2024, Perwakilan POKJA III TP PKK Kalurahan Trimulyo mengikuti Rakor bersama TP PKK Kabupaten dan Kapanewon se Kabupaten Bantul di Rumah Dinas Bupati Bantul. 

Dalam acara tersebut disampaikan SOSIALISASI AKU HATINYA PKK.  Program Unggulan POKJA III yang disampaikan adalah AKU HATINYA PKK (AMALKAN DAN KUKUHKAN, HALAMAN ASRI, TERATUR, INDAH DAN NYAMAN) merupakan suatu gerakan masyarakat yang memanfaatkan halaman di sekitar atau pekarangan. Kegiatan ini dilaksanakan Pokja III PKK, bertujuan agar terciptanya ketahanan pangan keluarga melalui tanaman produktif baik hortikultura, buah, bunga, peternakan dan perikanan.
 
Pengembangan AKU HATINYA PKK dengan pemanfaatan pekarangan sebagai kebun Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan tanaman unggulan bernilai ekonomi tinggi akan bermanfaat meningkatkan kesehatan serta penguatan ekonomi masyarakat.
 
Selain itu, disampaikan juga 3 program pokok PKK yaitu :

1. Pangan
Mewujudkan Ketahanan Pangan Keluarga melalui penganekaragaman pangan yang bergizi sesuai potensi daerah. Peningkatan pangan keluarga sehari-hari dengan mendorong terciptanya sikap dan perilaku masyarakat melalui penganekaragaman makanan dengan menerapkan pola pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), sesuai potensi daerah. Mewaspadai terjadinya keracunan pangan, mulai dari menanam, memilih, mengolah sampai terhidangnya makanan, menghindari bahan tambahan makanan yang berbahaya, antara lain : zat pewarna, bahan pengawet, produk kadaluarsa, dan penggunaan pestisida.
 
2. Sandang
Mengupayakan adanya hak paten untuk melindungi hak cipta desain. Mengupayakan keikutsertaan dalam pameran dan lomba baik tingkat lokal, nasional, dan internasional. Mengadakan kerja sama dengan para disainer, pengusaha, industri sandang dan pariwisata. Membudayakan perilaku berbusana sesuai dengan moral budaya Indonesia dan meningkatkan kesadaran masyarakat mencintai produksi dalam negeri (Aku Cinta Produksi Indonesia).
 
3. Perumahan Dan Tatalaksana Rumah Tangga
Menumbuh kembangkan kembali program Pemugaran Perumahan dan Lingkungan Desa Terpadu (P2LDT) melalui pemugaran rumah layak huni terutama keluarga miskin dan pengungsi dengan azas Tri Bina (bina usaha, bina manusia, dan bina lingkungan), gotong royong serta mengupayakan bantuan dari instansi/dinas terkait, bank, swasta dan masyarakat. Meningkatkan pemasyarakatan tentang perumahan sehat dan layak huni serta menumbuhkan kesadaran akan bahaya bertempat tinggal di daerah tegangan listrik tinggi, bantaran sungai, timbunan sampah, tepian jalan rel kereta api dan menumbuhkan kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah dan tanah.
 
Semoga dengan disampaikan program pokok dan diadakan rakor tersebut, dapat menambah informasi dan kualitas TP PKK khususnya kalurahan Trimulyo.

Komentar atas Kegiatan Rakor Pokja III se Kabupaten Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG DESA TRIMULYO

1 Drs. H. Jauzan Sanusi, MA. (Lurah). 2 Arif Muhammad Fauzi (Carik). 3 Ihsan Khumaidi, S.Pd. (Jagabaya). 4 Wikan Werdo Kisworo (Uu-ulu). 5 Santosa, A.Md. (Kamituwa). 6 Rianingsih, A.Md. (Danarta). 7 Fadhilah Najibah, S.Pd. (Tata Laksana). 8 Anang Sulistyo (Pangripta). 9 Mashudi Abdillah (Dukuh Blawong I). 10 Heru Budi Santoso (Dukuh Blawong II). 11 Nur Musyafi'i Abror (Dukuh Bembem). 12 Hermawan (Dukuh Kembangsongo). 13 Widodo, S.Ag (Dukuh Cembing). 14 Muji Widodo, A.Md (Dukuh Sindet). 15 Aris Suwondo, S.P. (Dukuh Bulu). 16 Jumakir (Dukuh Karangsemut). 17 Drs. Suryanta (Dukuh Puton). 18 Drs. H. Sarmidi, M.Si. (Dukuh Denokan). 19 Toyib Apriyatman (Dukuh Ponggok I). 20 Fajar Gunadi, S.Pd. (Dukuh Ponggok II). 21 Sugeng (Staf). 22 Giyem (Staf). 23 Titik Suharni (Staf). 24 Sungatifah (Staf). 25 Idaningsih (Staf). 26 Asri (Staf). 27 Mujiharjo, S.TP. (Staf). 28 Usnawatun Khasanah, S.TP. (Staf). 29 Latifah Uswatun Khasanah, S.E. (Staf). 30 Hanifah Al Uswah, S.T. (Staf). 31 Ita Fuida Pangesti, S.Pd. (Staf). 32 Rusli Hidayat (Staf). 33 Marwan Subekti (Staf). 34 Erwin Purnomo, S.Pd. (Staf).

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License