MERTI DUSUN KOWANG 2017 - bagian I

08 Oktober 2017 11:09:32 WIB

Minggu pagi (8/10/17) suasana Dusun Kowang Pedukuhan Puton tampak semarak dan meriah. Tua muda, laki-laki perempuan, hingga anak-anak dengan berpakaian adat Jawa berkumpul memenuhi lokasi di tengah dusun. Hari itu merupakan rangkaian acara Merti Dusun Kowang 2017 dimana agenda pagi itu adalah Kirab Gunungan. Ada tiga pasang gunungan yang dikirab, selain gunungan hasil pertanian juga ada gunungan siap santap berupa sego gudangan, sego wiwitan, dan sego tumpeng. Masing-masing gunungan merupakan perwakilan dari RT 07, RT 08, dan RT 09 Pedukuhan Puton. Dengan dikawal mobil patroli dari Polsek Jetis, Kirab Gunungan diawali drumband dari murid-murid SD Kowang dilanjutkan dengan kontingen dari RT 09, kontingen RT 07 dan terakhir kontingan dari RT 08. Rute kirab mengitari wilayah Dusun Kowang dengan menempuh jarak sekitar 3 km. 

Hadir dalam kesempatan ini Ibu Camat Jetis Dra. Endang Rachmawati, MM sekaligus berkenan melepas kirab gunungan, perwakilan pejabat dari Polsek Jetis, perwakilan pejabat dari Koramil Jetis, serta Pamong Desa Trimulyo. Dalam sambutannya Ibu Camat memberikan apresiasi tinggi atas pelaksanaan acara ini dan berharap acara serupa dapat diselenggarakan lagi tahun-tahun yang akan datang dengan lebih sukses. Sementara dari sambutan Ketua Panitia Merti Dusun Kowang 2017 Bpk Nur Eko Sulistyo disampaikan bahwa kirab gunungan merupakan simbol rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas panen hasil bumi yang diperoleh tahun ini.

Setelah selesai dikirab, gunungan kemudian dikumpulkan di satu tempat untuk diperebutkan warga masyarakat. Sebelum diperebutkan disampaikan doa dari Rois Kampung agar dikemudian hari diberikan hasil panen yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga menuju masyarakat yang adil makmur gemah ripah loh jinawi. Di akhir acara seluruh tamu undangan dan masyarakat umum menikmati santapan sego gudangan, sego wiwitan, dan sego tumpeng yang telah disiapkan panitia. Acara Merti Dusun Kowang 2017 akan dilanjutkan malam harinya di tempat yang sama menghadirkan pentas wayang kulit dengan dalang Ki Suwondo Hadi Prayitno dengan menampilkan lakon Kresno Malangjiwo. 

 

Komentar atas MERTI DUSUN KOWANG 2017 - bagian I

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG DESA TRIMULYO

1 Drs. H. Jauzan Sanusi, MA. (Lurah). 2 Arif Muhammad Fauzi (Carik). 3 Ihsan Khumaidi, S.Pd. (Jagabaya). 4 Wikan Werdo Kisworo (Uu-ulu). 5 Santosa, A.Md. (Kamituwa). 6 Rianingsih, A.Md. (Danarta). 7 Fadhilah Najibah, S.Pd. (Tata Laksana). 8 Anang Sulistyo (Pangripta). 9 Mashudi Abdillah (Dukuh Blawong I). 10 Heru Budi Santoso (Dukuh Blawong II). 11 Nur Musyafi'i Abror (Dukuh Bembem). 12 Hermawan (Dukuh Kembangsongo). 13 Widodo, S.Ag (Dukuh Cembing). 14 Muji Widodo, A.Md (Dukuh Sindet). 15 Aris Suwondo, S.P. (Dukuh Bulu). 16 Jumakir (Dukuh Karangsemut). 17 Drs. Suryanta (Dukuh Puton). 18 Drs. H. Sarmidi, M.Si. (Dukuh Denokan). 19 Toyib Apriyatman (Dukuh Ponggok I). 20 Fajar Gunadi, S.Pd. (Dukuh Ponggok II). 21 Sugeng (Staf). 22 Giyem (Staf). 23 Titik Suharni (Staf). 24 Sungatifah (Staf). 25 Idaningsih (Staf). 26 Asri (Staf). 27 Mujiharjo, S.TP. (Staf). 28 Usnawatun Khasanah, S.TP. (Staf). 29 Latifah Uswatun Khasanah, S.E. (Staf). 30 Hanifah Al Uswah, S.T. (Staf). 31 Ita Fuida Pangesti, S.Pd. (Staf). 32 Rusli Hidayat (Staf). 33 Marwan Subekti (Staf). 34 Erwin Purnomo, S.Pd. (Staf).

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License