Kunjungan Pokdarwis Sumberharjo di Bukit Mengger

hanifah 18 September 2024 22:27:29 WIB

Kunjungan Pokdarwis Sumberharjo di Bukit Mengger

 

Pada tanggal 18 September 2024, dilaksanakan kegiatan pertemuan di Bukit Mengger dalam rangka menyambut kunjungan dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sumberharjo, Sleman, Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh narasumber dari berbagai institusi, termasuk Bapak Prastiyadi dari UPN Yogyakarta, Bapak Dona selaku Kepala Bidang dari Bappeda Kabupaten Sleman, serta Lurah Sumberharjo. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat kerjasama antara Pokdarwis Sumberharjo dan para pemangku kepentingan dalam pengembangan potensi geosite Bukit Mengger dan Rayapan Nglepen.

 

Dalam acara ini, diskusi mendalam dilakukan terkait hubungan antara geosite Rayapan Nglepen dan Bukit Mengger. Kedua geosite ini memiliki nilai penting dalam sejarah geologi dan bencana alam di wilayah Sleman. Rayapan Nglepen merupakan wilayah yang terdampak oleh patahan Sesar Opak yang membentang melalui Bukit Mengger, di mana bukit ini juga menjadi satu-satunya geosite yang menunjukkan jelas patahan Opak tersebut. Patahan ini pernah menyebabkan bencana gempa yang berdampak signifikan bagi masyarakat di Rayapan Nglepen.

 

Dalam pemaparan Bapak Prastiyadi dari UPN, beliau menegaskan bahwa saat ini kedua geosite ini sedang dalam proses pengembangan untuk menjadi destinasi wisata berbasis geowisata yang memiliki tiga matra penting, yaitu edukasi, konservasi, dan ekonomi. Harapannya, baik Bukit Mengger maupun Rayapan Nglepen dapat berkembang seperti Geosite Breksi yang telah sukses menggabungkan aspek edukasi, pelestarian lingkungan, dan pemberdayaan ekonomi lokal.

 

Dengan kondisi Bukit Mengger yang tidak mengarah ke utara-selatan, para pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam berupa pemandangan sunrise dan sunset yang spektakuler. Potensi ini diharapkan menjadi daya tarik tambahan bagi pengembangan wisata berbasis geologi di kawasan tersebut.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan harapan besar agar Bukit Mengger dan Rayapan Nglepen dapat terus berproses dan menjadi destinasi wisata yang tidak hanya menyuguhkan keindahan alam, tetapi juga memberikan manfaat edukasi dan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG DESA TRIMULYO

1 Drs. H. Jauzan Sanusi, MA. (Lurah). 2 Arif Muhammad Fauzi (Carik). 3 Ihsan Khumaidi, S.Pd. (Jagabaya). 4 Wikan Werdo Kisworo (Uu-ulu). 5 Santosa, A.Md. (Kamituwa). 6 Rianingsih, A.Md. (Danarta). 7 Fadhilah Najibah, S.Pd. (Tata Laksana). 8 Anang Sulistyo (Pangripta). 9 Mashudi Abdillah (Dukuh Blawong I). 10 Heru Budi Santoso (Dukuh Blawong II). 11 Nur Musafi'i Abror (Dukuh Bembem). 12 Hermawan (Dukuh Kembangsongo). 13 Widodo, S.Ag (Dukuh Cembing). 14 Muji Widodo, A.Md (Dukuh Sindet). 15 Aris Suwondo, S.P. (Dukuh Bulu). 16 Jumakir (Dukuh Karangsemut). 17 Drs. Suryanta (Dukuh Puton). 18 Drs. H. Sarmidi, M.Si. (Dukuh Denokan). 19 Toyib Apriyatman (Dukuh Ponggok I). 20 Fajar Gunadi, S.Pd. (Dukuh Ponggok II). 21 Sugeng (Staf). 22 Giyem (Staf). 23 Titik Suharni (Staf). 24 Sungatifah (Staf). 25 Idaningsih (Staf). 26 Asri (Staf). 27 Mujiharjo, S.TP. (Staf). 28 Usnawatun Khasanah, S.TP. (Staf). 29 Latifah Uswatun Khasanah, S.E. (Staf). 30 Hanifh Al Uswah, S.T. (Staf). 31 Ita Fuida Pangesti, S.Pd. (Staf). 32 Rusli Hidayat (Staf). 33 Marwan Subekti (Staf). 34 Erwin Purnomo, S.Pd. (Staf).

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License