Bimtek dan Studi Lapangan Pengelola Geosite SOBM

hanifah 25 September 2024 08:28:44 WIB

Trimulyo -- 23 September 2024, Biro Pengembangan Infrastruktur Wilayah dan Pembiayaan Pembangunan mengadakan kegiatan bimtek dan studi lapangan di Bukit Mengger, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas pengelola geosite, khususnya mengenai aspek geoheritage yang ada di SESAR OPAK Bukit Mengger.

Acara dibuka dengan pemaparan dari Bapak Prasetyadi dari Pusat Studi Geoheritage - Geopark UPN Veteran Yogyakarta. Dalam sesi ini, beliau menjelaskan definisi Geopark, keragaman geologi, serta pentingnya geoheritage. Pengelola geosite diharapkan dapat memahami secara mendalam aspek-aspek ini agar dapat mengelola geosite dengan lebih baik.

Selanjutnya, peserta mendapatkan penjelasan mengenai periodisasi dan tema Geopark Jogja, yang Selaras dengan Sumbu Filosofi Tugu - Panggung Krapyak dan Sumbu Imajiner Merapi - Segara Kidul, sekaligus memperkuat ikon DIY sebagai Excellent Center of Heritage & sesanti “Hamemayu Hayuning Bawana". Tema ini menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan serta kekayaan alam untuk generasi mendatang. Pemahaman mengenai patahan Opak di Bukit Mengger menjadi salah satu fokus utama bimtek ini, memberikan wawasan tentang geologi lokal yang kaya dan relevansinya terhadap pengelolaan Geopark.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan kelembagaan dalam pengelolaan Geopark di DIY. Dengan adanya bimtek, diharapkan pengelola geosite dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian individu maupun institusi, sehingga pengelolaan Geopark dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Setelah mengikuti bimtek, para pengelola, termasuk pemandu geosite, diharapkan lebih memahami geosite dari berbagai segi, baik geologi maupun aspek lainnya. Dengan pemahaman yang lebih baik, mereka diharapkan mampu mempromosikan dan mengelola geosite dengan lebih profesional, serta memberikan pengalaman yang menarik bagi pengunjung. Diharapkan, Bimtek ini akan berkontribusi positif terhadap pengembangan Geopark di wilayah Yogyakarta, khususnya di Bukit Mengger.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG DESA TRIMULYO

1 Drs. H. Jauzan Sanusi, MA. (Lurah). 2 Arif Muhammad Fauzi (Carik). 3 Ihsan Khumaidi, S.Pd. (Jagabaya). 4 Wikan Werdo Kisworo (Uu-ulu). 5 Santosa, A.Md. (Kamituwa). 6 Rianingsih, A.Md. (Danarta). 7 Fadhilah Najibah, S.Pd. (Tata Laksana). 8 Anang Sulistyo (Pangripta). 9 Mashudi Abdillah (Dukuh Blawong I). 10 Heru Budi Santoso (Dukuh Blawong II). 11 Nur Musafi'i Abror (Dukuh Bembem). 12 Hermawan (Dukuh Kembangsongo). 13 Widodo, S.Ag (Dukuh Cembing). 14 Muji Widodo, A.Md (Dukuh Sindet). 15 Aris Suwondo, S.P. (Dukuh Bulu). 16 Jumakir (Dukuh Karangsemut). 17 Drs. Suryanta (Dukuh Puton). 18 Drs. H. Sarmidi, M.Si. (Dukuh Denokan). 19 Toyib Apriyatman (Dukuh Ponggok I). 20 Fajar Gunadi, S.Pd. (Dukuh Ponggok II). 21 Sugeng (Staf). 22 Giyem (Staf). 23 Titik Suharni (Staf). 24 Sungatifah (Staf). 25 Idaningsih (Staf). 26 Asri (Staf). 27 Mujiharjo, S.TP. (Staf). 28 Usnawatun Khasanah, S.TP. (Staf). 29 Latifah Uswatun Khasanah, S.E. (Staf). 30 Hanifh Al Uswah, S.T. (Staf). 31 Ita Fuida Pangesti, S.Pd. (Staf). 32 Rusli Hidayat (Staf). 33 Marwan Subekti (Staf). 34 Erwin Purnomo, S.Pd. (Staf).

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License