Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak dan Perempuan

hanifah 03 Agustus 2023 09:02:19 WIB

Trirenggo -- (3/8/3023) Pokja I PKK Kalurahan Trimulyo mengikuti kegiatan sosialisasi pencegahan kekerasan seksual pada anak dan perempuan. Kegiatan ini dilaksanakan di Sasana Kusuma TP PKK Kabupaten Bantul.

Acara dibuka secara resmi oleh Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Hj. Emi Masruroh Halim, S.Pd. Dalam sambutan pembukaannya, beliau menyampaikan harapan agar sosialisasi yang diperoleh bisa disampaikan ke padukuhan-padukuhan. Tingkat kalurahan menjadi kunci awal untuk proses pencegahan. 

Terkadang kita tdk mengetahui hal hal apa saja yg masuk dalam kekerasan seksual. Ibu Hj. Emi Masruroh Halim, S.Pd berkata, "kita memang butuh keterlibatan org dewasa dan remaja juga anak-anak untuk mendampingi mereka dalam pencegahan kekerasan seksual".

Ketua pokja 1 penggerak pkk provinsinya
Kab bantul emi Masruroh

Ketua Pokja I DIY sebagai narasumber yaitu ibu Suryantinah menyampaikan tentang 10 program pokok PKK. Anak kecil banyak yg sudah mengalami buliying dg cara yg bermacam-macam. Sebagai orang dewasa kita wajib membantu mengatasi hal tersebut. Belia berharap, masyarakat bisa melakukan pencegahan kekerasan ini baik melalui sosialisasi yang disampaikan oleh Kader PKK Kapanewon, Kalurahan maupun generasi muda.

Pemateri kedua adalah Ibu Retno Plupi Agustin. Beliau merupakan wakil dari UPTD P3A ( Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak ) Kab Bantul. Adanya peningkatan kasus kekerasan dari tahun ke tahun membuat kita harus lebih aware dan waspada serta peka terhadap lingkungan. Menurut UU No. 12 tahun2022 tentang tindak pidana kekerasan seksual, jenis pelecehan seksual itu tidak hanya fisik, tetapi juga non fisik. Untuk memperkuat mental generasi muda sekarang, sangat diperlukan daya lenting keluarga, contohnya yaitu berapa lama kesanggupan orang tua untuk mendengar anak bercerita tanpa menggurui, tidak cepat menasehati dan memberikan respon seminimal mungkin sebelum anak selesai bercerita. Keterbukaan / sharing sangat diperlukan dizaman sekarang ini.

Semoga dengan sosialisasi ini masyarakat dapat lebih peka dan berani untuk melindungi, bertindak, dan mencegah adanya kekerasan seksual pada anak dan perempuan.

Komentar atas Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak dan Perempuan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

PAMONG DESA TRIMULYO

1 Drs. H. Jauzan Sanusi, MA. (Lurah). 2 Arif Muhammad Fauzi (Carik). 3 Ihsan Khumaidi, S.Pd. (Jagabaya). 4 Wikan Werdo Kisworo (Uu-ulu). 5 Santosa, A.Md. (Kamituwa). 6 Rianingsih, A.Md. (Danarta). 7 Fadhilah Najibah, S.Pd. (Tata Laksana). 8 Anang Sulistyo (Pangripta). 9 Mashudi Abdillah (Dukuh Blawong I). 10 Heru Budi Santoso (Dukuh Blawong II). 11 Nur Musyafi'i Abror (Dukuh Bembem). 12 Hermawan (Dukuh Kembangsongo). 13 Widodo, S.Ag (Dukuh Cembing). 14 Muji Widodo, A.Md (Dukuh Sindet). 15 Aris Suwondo, S.P. (Dukuh Bulu). 16 Jumakir (Dukuh Karangsemut). 17 Drs. Suryanta (Dukuh Puton). 18 Drs. H. Sarmidi, M.Si. (Dukuh Denokan). 19 Toyib Apriyatman (Dukuh Ponggok I). 20 Fajar Gunadi, S.Pd. (Dukuh Ponggok II). 21 Sugeng (Staf). 22 Giyem (Staf). 23 Titik Suharni (Staf). 24 Sungatifah (Staf). 25 Idaningsih (Staf). 26 Asri (Staf). 27 Mujiharjo, S.TP. (Staf). 28 Usnawatun Khasanah, S.TP. (Staf). 29 Latifah Uswatun Khasanah, S.E. (Staf). 30 Hanifah Al Uswah, S.T. (Staf). 31 Ita Fuida Pangesti, S.Pd. (Staf). 32 Rusli Hidayat (Staf). 33 Marwan Subekti (Staf). 34 Erwin Purnomo, S.Pd. (Staf).

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License